Tugas Softskill Individu - Analisis Jurnal -
A.
Materi SAP M1 ( Konsep Pemasaran Universal )
Pemasaran Internasional merupakan suatu
aktivitas pemasaran yang terdiri dari segala aktivitas jual beli dan transaksi
antar negara yang melewati lintas negara. (Simamora, 2000) menjelaskan Pemasaran
Internasional merupakan pelaksanaan kegiatan bisnis yang mengarahkan suatu
barang dan jasa ke konsumen atau pengguna pada lebih dari satu negara demi
mendapatkan suatu keuntungan.
B.
Materi SAP M1 ( Strategi Pemasaran Produk PT. Lombok Putri Cinderamata)
1. Strategi Penjualan
Dalam penjualannya terhadap produk kerajinan
tangan atau handycraft, PT Lombok Putri Cinderamata lebih memilih untuk
memusatkan pasar (concentrated market) pada pasar ekspor. Seperti yang
dikatakan oleh Ayu Cemara Nadi selaku manajer pemasaran PT. Lombok Putri
Cinderamata, saat ini perusahaan lebih fokus ke pasar luar negeri dikarenakan
sudah jenuhnya pasar dalam negeri dan juga sudah banyaknya pesaing, setiap
daerah punya kerajinannya sendiri, kalau perusahaan hanya fokus di dalam
negeri, mungkin saat ini perusahaan tidak akan bisa berkembang sampai sejauh
ini.
2. Strategi Promosi
PT. Lombok Putri Cinderamata saat ini
melakukan promosi melalui direct marketing dengan memanfaatkan media email
untuk dapat berinteraksi langsung dengan konsumen dengan tujuan untuk
menawarkan produk kepada pembeli atau calon pembeli dan dapat menerima respon
langsung dari pembelinya. PT. Lombok Putri Cinderamata juga aktif mengikuti
exhibition/pameran berskala regional yang diadakan pemerintah daerah maupun
berskala nasional yang diadakan pemerintah pusat dengan tujuan untuk
mengenalkan produk perusahaan ke masyarakat. Dalam skala nasional, INACRAFT
merupakan pameran yang sering diikuti oleh PT. Lombok Putri Cinderamata
dikarenakan dalam pameran tersebut pengunjung dari luar negerinya lebih banyak
sehingga dapat membantu perusahaan untuk mencapai misi perusahaan yang ingin
memperkenalkan produk krajinan lokal di mata dunia.
3. Strategi Penetapan Harga
PT. Lombok Putri Cinderamata menetapkan harga
jual produknya dengan didasarkan oleh ukuran dan tingkat kerumitan suatu
produk, semakin besar ukuran serta semakin tinggi tingkat kerumitan produk
tersebut akan berbanding lurus dengan harga yang harus dikeluarkan oleh
pembeli. Selain itu Penentuan harga produk juga disesuaikan dengan permintaan
dari para pembeli, karena sering kali pembeli memberikan kriteria khusus
terhadap produk kerajinan yang akan dipesan.
4. Strategi Produk
Salah satu hal yang di kedepankan oleh PT.
Lombok Putri Cinderamata terhadap produk kerajinannya adalah ciri khas dan
motif dalam kerajinannya. Setiap produk yang dihasilkan mencerminkan ciri khas
daerah pengerajin. Selain itu, perusahaan terus berinovasi dan mengembangkan
berbagai desain setiap tahunnya untuk menjaga agar konsumen tidak bosan dengan
produk yang ada tanpa harus meninggalkan ciri khas yang dimiliki perusahaan.
5. Strategi Tempat Produksi
PT. Lombok Putri Cinderamata memiliki gudang
yang merupakan tempat penyimpanan dan pengemasan di Kota Mataram dan memiliki 3
tempat produksi yang terletak di kabupaten Lombok Barat, Lombok Tengah, dan
kabupaten Lombok Timur tepatnya di Desa Banyumulek, Desa Penujak dan Desa
Masbagik ketiga tempat produksi tersebut merupakan wilayah yang terkenal dengan
industri kerajinan gerabahnya.
C. Materi SAP
M1 ( Kekuatan Dalam Strategi Pemasaran
Produk PT. Lombok Putri Cinderamata )
Setidaknya terdapat beberapa indikator yang
dapat digunakan sebagai penjelasan dukungan strategi pemasaran yang digunakan
oleh PT Lombok Putri Cinderamata yaitu harga produk kerajinan yang bersaing dan
mampu dijangkau oleh pembeli atau pasar terutama yang berasal dari luar negeri.
Kualitas produk yang dijamin oleh perusahaan.
Meskipun dengan harga yang cukup atau bahkan terjangkau, PT Lombok Putri
Cinderamata tidak sertamerta begitu saja meninggalkan faktor kualitas produk.
Kualitas produk kerajinan atau handicraft dikontrol dengan ketat oleh
perusahaan demi menjaga kepercayaan pembeli terhadap produk.
Ketersediaan bahan baku yang berlimpah,
perusahaan menjamin adanya bahan baku karena bahan baku utama kerajinan gerabah
merupakan tanah liat, yang sangat mudah didapatkan di Pulau Lombok, sehingga
produksi dapat terus berjalan. Artinya bahwa para pembeli tidak perlu khawatir
bahwa produk yang akan dipesan tidak tersedia.
D. Materi SAP
M1 ( Hambatan Dalam Strategi Pemasaran
Produk PT. Lombok Putri Cinderamata)
Meskipun mampu menembus pasar luar negeri, masih terdapat
serangkaian hambatan oleh perusahaan dalam memasarkan produknya, sehingga
strategi pemasaran yang diterapkan pada target tertentu belum maksimal untuk
diterapkan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, setidaknya terdapat
beberapa hambatan yang ditemukan oleh PT. Lombok Putri Cinderamata, yaitu masih
terbatasnya media pemasaran yang digunakan oleh perusahaan. Selama ini
perusahaan hanya memanfaatkan media elektronik berupa email dan brosur atau
selebaran yang dibagikan pada saat kegiatan pameran. Meskipun strategi
pemasaran seperti ini dapat menekan biaya, namun hal itu dapat berimplikasi
pada sektor penjualan.
Terkait dengan pengiriman barang yang masih dianggap
memakan waktu lama. Hambatan ini muncul karena belum adanya fasilitas
pengiriman langsung di Pulau Lombok. Sehingga untuk mengirim barang ke luar
negeri perusahaan harus melewati Surabaya terlebih dahulu baru kemudian
diteruskan ke negara tujuan penjualan.
E.
Materi SAP M1 ( Faktor yang Mempengaruhi Ekspor Pemasaran Produk PT. Lombok Putri
Cinderamata )
1. Budaya
Faktor budaya sangat mempengaruhi pemasaran
suatu perusahaan, perusahaan yang berfokus ke pasar ekspor perlu mengamati dan
mempelajari perbedaan budaya dari setiap negara sasarannya, hal ini yang
dilakukan PT. Lombok Putri Cinderamata yang mengamati keinginan pasarnya sesuai
dengan perilaku dan pola pikir pasar sasarannya. Degan mengamati budaya
sasarannya tersebut, PT. Lombok Putri Cinderamata dapat membagi pasar dengan
segmen- segmen tersendiri
2. Relationship
Relationship merupakan faktor penting PT.
Lombok Putri Cinderamata dalam memasarkan produknya di pasar Internasional,
dengan menjalin hubungan yang baik dengan para konsumennya dan seringnya
melakukan komunikasi dengan konsumen membuat PT. Lombok Putri Cinderamata selalu
menerima orderan setiap tahunnya.
3. Ketepatan Waktu
Ketepatan waktu sangat penting dalam membentuk
image perusahaan di hadapan para konsumennya dikarenakan konsumen dari luar
negeri selalu menuntut ketepatan waktu dalam pengiriman barangnya yang sesuai dengan
waktu yang telah sepakati, hal ini yang selalu di utamakan oleh PT. Lombok
Putri Cinderamata untuk menjaga kepercayaan konsumennya. Perusahaan menilai
bahwa ketepatan waktu dapat mempengaruhi kepuasan pada pelanggannya dan itu
juga berdampak dengan relationship perusahaan dengan para konsumen.
4. Media Pemasaran
PT. Lombok Putri
Cinderamata memanfaatkan media email untuk
dapat berkomunikasi langsung dengan konsumennya, pemanfaatan media ini sudah
cukup tepat untuk menjalin hubungan yang baik dengan konsumen, karena dengan
media email, perusahaan tidak membutuhkan biaya yang tinggi untuk dapat
berkomunikasi, sehingga hal ini dapat mengurangi beban pengeluaran yang di
keluarkan perusahaan.
Komentar
Posting Komentar