Tugas Softskill Individu - Analisis Jurnal -

A.    Materi SAP M1 ( Konsep Pemasaran Universal )
Pemasaran Internasional merupakan suatu aktivitas pemasaran yang terdiri dari segala aktivitas jual beli dan transaksi antar negara yang melewati lintas negara. (Simamora, 2000) menjelaskan Pemasaran Internasional merupakan pelaksanaan kegiatan bisnis yang mengarahkan suatu barang dan jasa ke konsumen atau pengguna pada lebih dari satu negara demi mendapatkan suatu keuntungan.
B.    Materi SAP M1 ( Strategi Pemasaran Produk PT. Lombok Putri Cinderamata)
1.     Strategi Penjualan
Dalam penjualannya terhadap produk kerajinan tangan atau handycraft, PT Lombok Putri Cinderamata lebih memilih untuk memusatkan pasar (concentrated market) pada pasar ekspor. Seperti yang dikatakan oleh Ayu Cemara Nadi selaku manajer pemasaran PT. Lombok Putri Cinderamata, saat ini perusahaan lebih fokus ke pasar luar negeri dikarenakan sudah jenuhnya pasar dalam negeri dan juga sudah banyaknya pesaing, setiap daerah punya kerajinannya sendiri, kalau perusahaan hanya fokus di dalam negeri, mungkin saat ini perusahaan tidak akan bisa berkembang sampai sejauh ini.
2.     Strategi Promosi

PT. Lombok Putri Cinderamata saat ini melakukan promosi melalui direct marketing dengan memanfaatkan media email untuk dapat berinteraksi langsung dengan konsumen dengan tujuan untuk menawarkan produk kepada pembeli atau calon pembeli dan dapat menerima respon langsung dari pembelinya. PT. Lombok Putri Cinderamata juga aktif mengikuti exhibition/pameran berskala regional yang diadakan pemerintah daerah maupun berskala nasional yang diadakan pemerintah pusat dengan tujuan untuk mengenalkan produk perusahaan ke masyarakat. Dalam skala nasional, INACRAFT merupakan pameran yang sering diikuti oleh PT. Lombok Putri Cinderamata dikarenakan dalam pameran tersebut pengunjung dari luar negerinya lebih banyak sehingga dapat membantu perusahaan untuk mencapai misi perusahaan yang ingin memperkenalkan produk krajinan lokal di mata dunia.
3.     Strategi Penetapan Harga

PT. Lombok Putri Cinderamata menetapkan harga jual produknya dengan didasarkan oleh ukuran dan tingkat kerumitan suatu produk, semakin besar ukuran serta semakin tinggi tingkat kerumitan produk tersebut akan berbanding lurus dengan harga yang harus dikeluarkan oleh pembeli. Selain itu Penentuan harga produk juga disesuaikan dengan permintaan dari para pembeli, karena sering kali pembeli memberikan kriteria khusus terhadap produk kerajinan yang akan dipesan.
4.     Strategi Produk

Salah satu hal yang di kedepankan oleh PT. Lombok Putri Cinderamata terhadap produk kerajinannya adalah ciri khas dan motif dalam kerajinannya. Setiap produk yang dihasilkan mencerminkan ciri khas daerah pengerajin. Selain itu, perusahaan terus berinovasi dan mengembangkan berbagai desain setiap tahunnya untuk menjaga agar konsumen tidak bosan dengan produk yang ada tanpa harus meninggalkan ciri khas yang dimiliki perusahaan.
5.     Strategi Tempat Produksi

PT. Lombok Putri Cinderamata memiliki gudang yang merupakan tempat penyimpanan dan pengemasan di Kota Mataram dan memiliki 3 tempat produksi yang terletak di kabupaten Lombok Barat, Lombok Tengah, dan kabupaten Lombok Timur tepatnya di Desa Banyumulek, Desa Penujak dan Desa Masbagik ketiga tempat produksi tersebut merupakan wilayah yang terkenal dengan industri kerajinan gerabahnya.
C.   Materi SAP M1 ( Kekuatan Dalam Strategi Pemasaran Produk PT. Lombok Putri Cinderamata )
Setidaknya terdapat beberapa indikator yang dapat digunakan sebagai penjelasan dukungan strategi pemasaran yang digunakan oleh PT Lombok Putri Cinderamata yaitu harga produk kerajinan yang bersaing dan mampu dijangkau oleh pembeli atau pasar terutama yang berasal dari luar negeri.  
Kualitas produk yang dijamin oleh perusahaan. Meskipun dengan harga yang cukup atau bahkan terjangkau, PT Lombok Putri Cinderamata tidak sertamerta begitu saja meninggalkan faktor kualitas produk. Kualitas produk kerajinan atau handicraft dikontrol dengan ketat oleh perusahaan demi menjaga kepercayaan pembeli terhadap produk.
Ketersediaan bahan baku yang berlimpah, perusahaan menjamin adanya bahan baku karena bahan baku utama kerajinan gerabah merupakan tanah liat, yang sangat mudah didapatkan di Pulau Lombok, sehingga produksi dapat terus berjalan. Artinya bahwa para pembeli tidak perlu khawatir bahwa produk yang akan dipesan tidak tersedia.
D.   Materi SAP M1 ( Hambatan Dalam Strategi Pemasaran Produk PT. Lombok Putri Cinderamata)
Meskipun mampu menembus pasar luar negeri, masih terdapat serangkaian hambatan oleh perusahaan dalam memasarkan produknya, sehingga strategi pemasaran yang diterapkan pada target tertentu belum maksimal untuk diterapkan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, setidaknya terdapat beberapa hambatan yang ditemukan oleh PT. Lombok Putri Cinderamata, yaitu masih terbatasnya media pemasaran yang digunakan oleh perusahaan. Selama ini perusahaan hanya memanfaatkan media elektronik berupa email dan brosur atau selebaran yang dibagikan pada saat kegiatan pameran. Meskipun strategi pemasaran seperti ini dapat menekan biaya, namun hal itu dapat berimplikasi pada sektor penjualan.
Terkait dengan pengiriman barang yang masih dianggap memakan waktu lama. Hambatan ini muncul karena belum adanya fasilitas pengiriman langsung di Pulau Lombok. Sehingga untuk mengirim barang ke luar negeri perusahaan harus melewati Surabaya terlebih dahulu baru kemudian diteruskan ke negara tujuan penjualan. 

E.    Materi SAP M1 ( Faktor yang Mempengaruhi Ekspor Pemasaran Produk PT. Lombok Putri Cinderamata )
1.     Budaya
Faktor budaya sangat mempengaruhi pemasaran suatu perusahaan, perusahaan yang berfokus ke pasar ekspor perlu mengamati dan mempelajari perbedaan budaya dari setiap negara sasarannya, hal ini yang dilakukan PT. Lombok Putri Cinderamata yang mengamati keinginan pasarnya sesuai dengan perilaku dan pola pikir pasar sasarannya. Degan mengamati budaya sasarannya tersebut, PT. Lombok Putri Cinderamata dapat membagi pasar dengan segmen- segmen tersendiri 
2.     Relationship
Relationship merupakan faktor penting PT. Lombok Putri Cinderamata dalam memasarkan produknya di pasar Internasional, dengan menjalin hubungan yang baik dengan para konsumennya dan seringnya melakukan komunikasi dengan konsumen membuat PT. Lombok Putri Cinderamata selalu menerima orderan setiap tahunnya. 
3.     Ketepatan Waktu

Ketepatan waktu sangat penting dalam membentuk image perusahaan di hadapan para konsumennya dikarenakan konsumen dari luar negeri selalu menuntut ketepatan waktu dalam pengiriman barangnya yang sesuai dengan waktu yang telah sepakati, hal ini yang selalu di utamakan oleh PT. Lombok Putri Cinderamata untuk menjaga kepercayaan konsumennya. Perusahaan menilai bahwa ketepatan waktu dapat mempengaruhi kepuasan pada pelanggannya dan itu juga berdampak dengan relationship perusahaan dengan para konsumen.
4.     Media Pemasaran
PT. Lombok Putri
Cinderamata memanfaatkan media email untuk dapat berkomunikasi langsung dengan konsumennya, pemanfaatan media ini sudah cukup tepat untuk menjalin hubungan yang baik dengan konsumen, karena dengan media email, perusahaan tidak membutuhkan biaya yang tinggi untuk dapat berkomunikasi, sehingga hal ini dapat mengurangi beban pengeluaran yang di keluarkan perusahaan.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kontribusi Koperasi, Hambatan, Tantangan, dan Strategi Koperasi serta Koperasi Syariah

Tugas Blog Etika Bisnis Ke-3

Tugas Blog Etika Bisnis Ke-2